Menyadap getah mangga

Resin atau getah tumbuhan sangat diperlukan untuk lebah trigona berguna untuk pertahanan diri, untuk membuat kantong  madu, kantong bee pollen dan kantong brood. Apabila makanan di lapangan melimpah tetapi tidak menghasilkan madu atau bee pollen itu terjadi karena resin untuk kantong madu sedikit. Apabila itu terjadi perlu penanganan dengan menanam pohon penghasil resin. Agar lebah mudah mendapatkan resin bisa menggunakan cara menyadap.


Menyadap getah hanya diperlukan saat kondisi darurat saat persediaan propolis di dalam stup menipis. Salah satu pohon yang bisa disadap andalah pohon mangga. Resin pohon mangga sangat disukai oleh lebah laevicep. Caranya dengan membuang kulit keras pohon mangga. Bagian yang disadap sepertiga dari pohon mangga dan tingginya 1 meter dari tanah. Sekitar 1 meter dari tanah kurang disukai oleh lebah trigona. Setelah kulit keras mangga dibuang, tusuk kulit pohon dengan jarum sampai rata.

Waktu yang tepat adalah pagi hari, karena matahari belum bersinar terik. Sinar matahari akan menguapkan air sehingga resin menjadi kering. Setelah beberapa detik getah akan keluar. Uap dari getah memancing lebah trigona untuk datang. Lebih dekat dengan sarang akan lebih baik. Ada banyak pohon yang bisa disadap selain mangga diantaranya, pohon nangka, kluwih, benda, dan sukun. 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaliandra Merah

Rosella tak hanya bunga yang menghasilkan nektar