Koloni super

Koloni super adalah sebuah koloni lebah yang mencapai pertumbuhan tempayak maksimal dan jumlah lebah maksimal. Koloni super tak selalu super, hal ini disebabkan berbagai faktor seperti Serangan Predator (ketip hitam, ketip ungu, burung walet/sriti/ layang-layang dll), Pergantian ratu, vegetasi, dan lain-lainnya. Ketip Hitam dan ketip uggu memakan brood cell juga bertelur di dalam stup. Akibatnya sedikit lebah yang lahir dan terjadi penurunan koloni lebah.




Burung walet/sriti/layang-layang memakan lebah yang sedang terbang mencari makanan ataupun resin. Lebah trigona mempunyai ukuran yang kecil, ini seperti memakan pop corn untuk mengenyangkan perut jadi akan membutuhkan banyak lebah trigona. Apabila hama burung walet/sriti/layang-layang banyak, jumlah korban pun juga banyak. Ketika lebah pencari makanan dan resin dimakan walet maka sedikit lebah yang kembali. Kebutuhan untuk perkembangan tempayak tak sesuai jumlah makanan maka akan mengambil cadangan makanan yang ada, ketika cadangan sudah habis terjadilah penurunan jumlah tempayak dan lebah yang akan lahir.

Ratu lebah mempunyai umur yang panjang dan suatu saat akan mati. Setelah ratu mati lebah pekerja membuat calon ratu. Ketika ratu mati tak ada lagi yang bertelur dan terjadilah penurunan temapayak sampai ratu baru lahir, kawin dan bertelur. Ratu bertelur membutuhkan makanan berupa royal jelly dan madu, larva dari telur juga yang membutuhkan royal jelly. Royal jelly dibuat oleh lebah muda dari madu dan bee pollen. Apabila makanan yang ada di alam sedikit, juga persediaan makanan habis maka bahan untuk membuat royal jelly pun berkurang, itu mempengaruhi jumlah telur yang akan dihasilkan dan menjadi larva. Maka terjadilah penurunan jumlah tempayak dan lebah.

Kesimpulannya, dalam memanen produk lebah terutama makanan lebah( madu dan bee pollen) alangkah baiknya di sisakan untuk persediaan makanan di saat masa paceklik. Kita senantiasa memantau koloni untuk menghindarkan dari berbagai macam predator lebah dan memberi makanan tambahan berupa madu dan bee pollen untuk lebah yang sedang kekurangan makanan. Vegetasi juga harus kita jaga supaya lebah dapat hidup layak dan dapat menghasilkan produk lebah yang maksimal.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyadap getah mangga

Kaliandra Merah

Rosella tak hanya bunga yang menghasilkan nektar