Bunga Ginseng Yang Paling Ditunggu Mekarnya

Ginseng Jawa atau kolesom jawa. Bunga ini yang paling ditunggu-tunggu mekarnya oleh lebah trigona laevicep. Kenapa ini ditunggu-tunggu. Karena bunga ginseng jawa mekarnya mulai jam sembilan. Sebelum jam sembilan para Laevicep sudah absen mengelilingi bunga ginseng yang belum mekar. Ketika sudah sekitar jam sembilan bunga ini mulai mekar. Para Laevicep langsung menyerbu bunga ini walaupun bunga ini belum mekar penuh. Bunga ginseng jawa terdapat pollen dan sedikit nektar. Tetapi bunga tersebut paling ditunggu oleh lebah laevicep. Daun ginseng jawa bisa digunakan untuk tambahan memasak mie instan ataupun ditumis. Rasanya pasti nikmat.


Cara Menanam

1. Stek
Siapkan tanah atau pot atau polybag yang sudah diisi metan(media tanam). Siapkan batang ginseng jawa yang banyak calom mata tunasnya. Tancapan batang ginseng ke metan dan taruh ditempat yang teduh tapi tetap terkena cahaya matahari selama 6 hari. Jaga kelembapan jagan sampai tergenag air karena batang dapat membusuk. Setelah 6 hari siap dipindah ke cahaya matahari secara penuh. Siram 2 kali sehari. Banyaknya mata tunas akan mempengaruhi banyaknya cabang dan bunga.

2. Biji
Siapkan tempat dan metan untuk menyemai. Taburkan biji ginseng secara merata ke tempat penyemaian. Tutup biji dengan lapisan tipis diatasnya. Tempatkan di tempat sejuk terhindar dari cahaya matahari langsung dan jaga metan agar tetap lembab. Setelah pohon tingginya 5 cm pindahkan ke tanah atau ke pot. Tempatkan ke cahaya matahari penuh dan siram 2 kali sehari.

Sekumpulan ginseng jawa

Lebah laevicep sedang ngintip bunga ginseng jawa yang akan mekar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyadap getah mangga

Kaliandra Merah

Rosella tak hanya bunga yang menghasilkan nektar