Cara mendeteksi adanya nektar di bunga

Untuk mengetahui adanya pollen pada bunga cukup mudah diketahui dengan mata telanjang dan untuk mengetahu banyaknya polen dengan menyentuh benang sari dengan ibu jari dan jari telunjuk serta sedikit mengesekannya. Di dua jari akan menempel benang sari dan disitu kita bisa melihat seberapa banyak pollen yang ada di bunga tersebut.



Untuk mengetahui nektar pada bunga-bunga yang disukai oleh lebah trigona cukup sulit, tetapi ada 4 cara utuk mengetahuinya.
  1. Cara ini menggunakan serangga bersayap atau disebut kupu-upu. Kupu-kupu butuh nektar untuk makanannya. Jadi bunga yang sering dikunjungi oleh kupu-kupu pastinya ada nektarnya. Tapi kalau cuman sekali saja belum tentu ada nektarnya dan tidak semua bunga yang terdapat nektar disukai kupu-kupu. Jadi kita butuh penguji nomor dua. 
  2. Semut penguji nomor dua. Semut sangat gemar nektar dan madu trigona. Setiap ada semut di bunga tentunya ada nektar kecuali disana ada semacam kutu-kutuan. Itu terbukti betapa susahnya aku mengusir semut yang berkerumun di bunga AMP, Pacar Air dan Ginseng.
  3. Mata telanjang. Ada beberapa bunga yang mengeluarkan madunya sampai terlihat oleh mata telanjang. seperti bunga kaliandra merah.
  4. Burung penghisap madu menyukai nektar bunga, apabila burung tersebut di temukan sedang menghisap nektar pastilah di pohon tersebut terdapat nektar.
Ada banyak bunga yang menghasilkan nektar tetapi tidak semua bisa diambil oleh lebah trigona karena belalainya(probosis) pendek. Jadi belalainya tidak sampai ke tempat nektar berada.













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyadap getah mangga

Kaliandra Merah

Rosella tak hanya bunga yang menghasilkan nektar